Civil Engineering | Design | Structure | Building | House | Bridge |

Jumat, 02 Juni 2017

INNOVATION of PUBLIC TRANSPORTATION SYSTEEM

INNOVATION of PUBLIC TRANSPORTATION SYSTEEM

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk di sana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.
Dalam deminar kali ini yang di selenggarakan pada tanggal 10 Januari 2017 bertempat di Universitas Gunadarma membahas tentang Sistem Transportasi Publik . Disini kita dapat belajar untuk menjadi seoraang ahli sipil terutama di bidang transportasi bagaimana cara mengatur suatu lalulintas terutama di Indonesia yang kebanyakan masyarakatnya pengguna kendaraan pribadi terutama di kota besar seperti daerh JABODETABEK
Dalam pembahasan kali ini untuk meminimalisir jumlah kemacetan di daerah JABODETABEK di butuh lebih armada angkutan darat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mempersiapkan jenis kendaraan yang dibutuhkan. Yang perlu diketahui dan dipahami terlebih dahulu adalah berapa besar volume pekerjaan dan di lingkungan atau daerah mana kendaraan tersebut akan dipakai. Setelah itu kita akan memutuskan jenis kendaraan apa yang akan dipakai dan membuat manajemen armadanya untuk mengelola, mengukur, memantau dan mengendalikan kinerjanya.
Kondisi fisik jalan serta lingkungan daerah di mana armada akan digunakan sangat mempengaruhi komposisi jumlah dan jenis armada. Dalam hal-hal tertentu, terkadang pengaruh legislatif atau peraturan juga dapat mempengaruhi, misalnya ada jalan-jalan tertentu tidak bisa dilalui oleh truk besar sehingga terkadang beberapa perusahaan memilih untuk menyewa kendaraan yang lebih kecil untuk mengirimkan barang.
Laporan penggunaan armada yang sederhana harus menyediakan data-data di bawah ini:
1.    Nama sopir / pengemudi.
2.    Nomor SIM sopir / pengemudi.
3.    Nomor/plat kendaraan.
4.    Nama penumpang atau barang/kargo yang diangkut.
5.    Asal dan tempat tujuan kendaran.
6.    Tujuan perjalanan.
7.    Tanda tangan penumpang atau penerima barang/kargo.
8.    Jarak tempuh.
9.    Pemakaian bahan bakar.
10.  Perawatan kendaraan.
11.  Catatan penting lainnya.

Laporan penggunaan armada ini harus dicek setiap hari atau paling sedikit seminggu sekali oleh manajer armada atau pihak yang bertanggung jawab.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arigatou Gozaimasu. Diberdayakan oleh Blogger.