Civil Engineering | Design | Structure | Building | House | Bridge |

Kamis, 30 Maret 2017

Observasi Taman Kota Depok

ETIKA PROFESI
LAPORAN HASIL OBSERVASI TAMAN
DI KOTA DEPOK




Disusun Oleh :
Kelompok 3
1.     Aji Nur Saputra
2.     Claudio Pratama
3.     Firhan Andry
4.     Mahesa Aldy A
5.     Noni Komariah
6.     Salma Khoirunnisa

Kelas 1TA05


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
2017
A.    Pengertian Taman

Taman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan. Taman yang sering dijumpai adalah taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman rekreasi, taman botani.
Dengan pengertian lain taman adalah sebuah areal/tempat menyusun, menata berbagai macam tanaman dengan menggunakan berbagai macam media serta elemen-elemen tambahan dan juga wadah yang digunakan agar terlihat keindahannya, kenyamanannya dan kesejukannya di dalam dan di luar ruangan. Taman dijumpai sebagai Taman rumah tinggal, Taman lingkungan, Taman bermain, Taman perkantoran, Taman kota, Taman sekolah, Taman wisata dll.

Taman kota merupakan ruang didalam kota yang ditata untuk menciptakan  keindahan, kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penggunanya. Taman  kota  dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk kebutuhan masyarakat kota  sebagai tempat rekreasi. Selain itu, taman kota difungsikan sebagai paru-paru  kota, pengendali iklim mikro, konservasi tanah dan air, dan habitat berbagai  flora dan  fauna. Apabila terjadi suatu bencana, maka taman kota dapat  difungsikan sebagai  tempat posko pengungsian.
Pepohonan yang ada dalam  taman kota dapat memberikan manfaat keindahan, penangkal angin, dan  penyaring cahaya matahari.  Taman kota berperan sebagai sarana  pengembangan budaya kota, pendidikan, dan pusat kegiatan kemasyarakatan.  Pembangunan taman dibeberapa lokasi akan menciptakan kondisi kota yang  indah, sejuk, dan nyaman serta menunjukkan citra kota yang baik.

1.      Taman Kota Lembah Gurame
Taman ini terletak di perumahan perumnas depok 1 kelurahan depok jaya,pancoran mas.Taman lembah gurame biasa di pagi hari kerja digunakan untuk tempat olahraga anak anak sekolah dasar dan anak taman kanak kanak untuk mengenal lingkungan hidup , dan untuk orang tua digunakan untuk  olahraga jantung sehat ,untuk weekend sabtu dan minggu biasanya lebih ramai di pagi hari ada senam airobik , kegiatan sosial masyarakat atau group komunitas , terkadang hari sabtu juga digunakan untuk kegiatan sosial budaya dan seni dengan panggung atau tenda kegiatan .

Untuk kuliner , jangan harap ada warung atau gerobak dagangan di dalam taman lembah karena di larang keras masuk taman , karena di perempatan jalan irian jaya ada pusat jajan kuliner pinggir jalan pada hari sabtu dan minggu , kalau hanya untuk ngopi atau minum ada warung di depan sekolah santa theresia jalan irian jaya , Boleh bawa makanan dari luar dan makan di taman , tapi wajib jaga kebersihan buang sampah pada tong sampah yang telah disediakan ( terkadang masih ada orang yang lol habis makan minum maen buang sampah sembarangan padahal sudah ada papan larangan dan peringatan dari bapak ibu petugas taman melalui pengeras suara ) .
Luas taman lembah gurame 3,3 hektar merupakan fasum fasos dari perumahan perumnas depok 1 pada kelurahan Depok jaya , dahulu awalnya merupakan lahan berawa rawa pada tahun 90 an sempat ada pemagaran , setelah tahun 1998 krisis moneter lahan tersebut dibuat empang empang  dan kebun oleh warga , pada tahun 2007 an mulai masuk para pemulung Dan sempat menjadi seperti kompleks pemulung , pada masa pemerintahan walikota Bapak Nur Mahmudi dan wakilnya Bapak Abdul Somad mulai di buatkan menjadi RTH ruang terbuka hijau untuk masyarakat Umum.







     

2.      Woody Garden
Taman bermain Woody terletak di pinggir jalan raya Jakarta Bogor. Taman yang kecil tapi rindang karena di kelilingi oleh banyak pohon besar.Taman ini terdiri dari banyak permainan macam permainan yang sering kita jumpai di taman kanak-kanak, sebut saja ayunan, perosotan, jungkat jungkit, jembatan gantung, palang rintang, dll. Selain permainan ada juga patung jerapah, woody, gajah dan bahkan miniatur pintu pura.
Selain taman, ada kafetaria dan juga pabrik es krim Woody Woodpacker. Disana kita bisa langsung membeli dan memilih es krim woody yang memang dijual dengan harga terjangkau. Dan juga masuk ke area taman woody ini gratis. Sebenarnya woody adalah sebuah pabrik es krim dimana di sebelahnya terdapat taman bermain yang sering di kunjungi anak-anak. Awalnya, taman ini hanya sengaja dibangun dan tidak bertujuan untuk di jadikan sebagai tempat wisata. Namun ternyata dengan pembangunan taman ini malah menggiring banyak kalangan orang tua untuk membawa anak anaknya bermain kesana.

Jadi fungsi dari taman woody ini selain untuk tempat bermain anak-anak juga bisa sebagai tempat refreshing dan berwisata, disana juga kita bisa membeli es krim dengan berbagai macam rasa yang enak.















3.      Taman Balaikota Depok
Lokasi taman ini berada di Kantor Walikota No.54,, Jl. Margonda Raya, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431
Taman Balai Kota Depok yang dikerjakan sejak beberapa waktu lalu sekarang sudah dapat dinikmati keindahannya oleh warga Depok Kehadiran taman yang disebut-sebut sebagai alun-alun Kota Depok ini masih sangat sederhana. Meski begitu, proyek pembangunannya baru pada tahap kedua dan belum rampung seluruhnya atau masih jauh dari ideal dan sempurna. Ada beberapa kelanjutan pengerjaan lagi mulai dari kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarana taman yang akan dilengkapi.
Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menjelaskan Taman Balaikota Depok yang ada di Halaman Gedung Balaikota Depok ini memang nantinya diharapkan berfungsi sebagai Alun-alun Kota Depok. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemkot Depok dalam menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Depok.
Pembangunan alun-alun atau taman di Balaikota Depok diharapkan menjadi satu daya tarik bagi masyarakat yang berkunjung ke Balaikota. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti.
“Alun-alun ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan hadirnya sebuah ruang publik yang representatif di Kota Depok,” ujar Kania.
Mantan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok ini menjelaskan bahwa alun-alun tersebut nantinya akan berbentuk undakan, sama seperti Taman Lembah Gurame.
Bedanya adalah jika Lembah Gurame panggungnya ada di undakan bawah, maka alun-alun ini panggungnya akan berada di undakan atas. Konsepnya adalah seperti Amfiteater yang panggungnya ada di depan taman yaitu bersebelahan dengan Masjid Balaikota.
“Jadi, nanti alun-alunnya multifungsi, bisa buat upacara, acara kegiatan, bazar atau pertunjukan. Misal untuk kegiatan yang memerlukan panggung, nanti undakan tersebut yang menjadi panggung dengan latar belakang masjid dan balaikota,” ujarnya.

            Alun-alun yang akan bersebelahan dengan Masjid dan Perpustakaan Umum Kota Depok ini akan dapat menumbuhkan minat baca warga sehingga pengunjung alun-alun selain bisa rekreasi keluarga sekaligus dapat mengunjungi perpustakaan. Selain itu, juga diharapkan menjadi tempat berinteraksi antar sesama warga.









Kesimpulan dari semua taman kota yang telah kami observasi yaitu fungsinya adalah  :

-          Sebagai Ruang Terbuka Hijau (penghijauan kota yang umumnya gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan).
-          Adanya fungsi hidrorologi dan ekologi (taman kota sebagai penjaga kualitas lingkungan kota, dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai paru-paru kota, filter debu dan asap kendaraan bermotor sehingga dapat meminimalisir polusi udara, tempat penyimpanan air tanah sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi, pelestarian lingkungan ekosistem.
-          Kemudian untuk kesehatan masyarakat, tempat berolah raga.
-          Adanya nilai – nilai edukatif, juga nilai estetika atau keindahan.

-          Sebagai tempat rekreasi dan komunikasi sosial.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arigatou Gozaimasu. Diberdayakan oleh Blogger.